Rika Maria

Pendidik di MTsN 10 Tanah Datar Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manajemen Waktu- Lanjutan

Manajemen Waktu- Lanjutan

#Tantangan Hari ke 20

Waktu memiliki beberapa karakteristik atau ciri yaitu: pertama, waktu itu cepat berlalunya. Kedua, waktu yang telah berlalu tidak dapat kembali dan tidak dapat digantikan oleh waktu sebelumnya. Setiap hari berlalu dan setiap jam lewat atau setiap kesempatan pergi, tidak mungkin akan kembali lagi atau dapat digantikan. Reza mengatakan, “Waktu adalah anugerah terbesar Tuhan kepada kita yang tak pernah tergantikan”. Oleh karena itulah, Rasulullah SAW selalu mengingatkan dan menasehati umatnya melalui pesan berharganya sebagai berikut:

Artinya: “Dari Ibn Abbas r.a., berkata. Rasulullah SAW bersabda: pergunakanlah lima keadaan sebelum datang lima keadaan: hidupmu sebelum matimu, muda-mu sebelum tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, dan sempatmu sebelum sempitmu” (HR. al-Baihaqi)

Sabda Rasulullah diatas memberikan pesan yang amat berarti bagi kehidupan seorang muslim bahwa setiap manusia pada hakikatnya memiliki momen-momen yang sangat penting dalam setiap garis kehidupannya. Namun perlu dan harus disadari bahwa setiap momen penting tersebut tidaklah abadi dan kekal untuk selamanya. Sebaliknya, momen-momen tersebut merupakan hal yang bersifat tentatif atau sementara seiring dengan berakhirnya waktu yang telah ditentukan oleh pencipta waktu itu sendiri yaitu Allah SWT.

Ketika seseorang masih diberikan oleh Allah SWT kesempatan untuk hidup, maka hendaklah hidup itu dipergunakan sebaik-baiknya untuk mewujudkan tujuan hidupnya di dunia, baik sebagai hamba maupun khalifah Allah. Karena setelah hidup itu pasti akan datang kematian sebagai akhir dari kehidupan itu sendiri. Apabila kematian telah datang, maka tidak seorang pun dapat mengulangi kehidupannya di dunia sehingga timbullah penyesalan-penyesalan.

Demikian halnya ketika seseorang sedang menjalani momen masa muda, maka momen tersebut harus dimanfaatkan sebelum datangnya masa tua. Seseorang yang masih dalam keadaan muda, maka ia memiliki kondisi fisik dan psikis yang masih prima, namun apabila masa tua telah datang, maka ketahanan fisik dan kekuatan otot-otot mulai mengendor sehingga banyak aktivitas yang tidak lagi dapat dilakukan seperti pada saat masa mudanya. Demikian seterusnya ketiga momen berikutnya, momen sehat sebelum sakit, momen kaya sebelum miskin dan momen sempat sebelum sempit.

Sungayang 6 Syawal 1441 H/ 29 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga kita bisa memanfaatkan waktu sebaik baiknya. Salam.

29 May
Balas

Semoga kita bisa memanfaatkan waktu sebaik baiknya. Salam.

29 May
Balas

Waktu, tak ada remidial waktu.

29 May
Balas

Semoga gak ada lagi waktu yang terbuang begitu aja ya ka, good

29 May
Balas

Waktu yang tidak bisa kita kejar jangan biarkan berlalu, semoga kita bisa memamfaatkan waktu

29 May
Balas



search

New Post