Rika Maria

Pendidik di MTsN 10 Tanah Datar Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web

Keutamaan menuntut ilmu

#Tantangan hari ke 66

Di dalam Alquran sudah dijelaskan Allah tentang orang yang ditinggikan derajatnya karena ia memiliki ilmu pengetahuan yang terdapat dalam surah Al-Mujadilah ayat 11 sebagai berikut:

$pkš‰r'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? †Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râ“à±S$# (#râ“à±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_u‘yŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz ÇÊÊÈ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu berlapang-lapanglah dalam majelis, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan “berdirilah kamu” maka berdirilah niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapaderajat.Dan Allah mengetahui dengan apa yang kamu kerjakan.”

Ayat di atas menjelaskan orang yang diberi pengetahuan adalah mereka yang beriman dan menghiasi diri mereka dengan pengetahuan.Ini berarti ayat di atas membagi kaum beriman kepada dua kelompok besar, yang pertama sekedar beriman dan beramal shaleh serta memiliki pengetahuan. Derajat kelompok kedua ini menjadi lebih tinggi, bukan saja karena nilai ilmu yang disandangnya, tetapi juga amal dan pengajarannya kepada pihak lain, baik secara lisan, ataupun tulisan, maupun dengan keteladanan. Oleh karena itu orang yang benar-benar mencari ilmu pengetahuan dengan proses belajar maka akan diangkat derajatnya oleh Allah swt., dari hasil belajar yang telah dilakukannya dengan usaha dan berserah diri kepada Allah swt.

Di dalam Hadis lain dijelaskan mengenai kewajiban belajar atau menuntut ilmu.

Artinya :

"Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah saw, bersabda: Carilah

ilmu walaupun dinegeri Cina. Sesungguhnya mencari ilmu itu wajib atas setiap muslim. Sesungguhnya malaikat meletakkan sayapnya bagi pencari ilmu karena rida dengan apa yang dicari" (HR. Ibnu Abd al-Barr)

Dari Hadis di atas mengandung pengertian bahwa carilah ilmu walaupun dinegeri cina maksudnya disini carilah ilmu walaupun jauh dari tempat tinggalmu, sekalipun menderita atau mendapatkan kesulitan didalam mencari ilmu itu harus dilakukan agar orang tersebut mendapatkan ilmu, apa yang kamu kerjakan pasti mendapat balasan dari Allah, walaupun harus pergi jauh mencari ilmu Allah akan menggantikan penderitaan ketika mencari ilmu dengan ilmu yang sangat banyak, mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim, kewajiban itu berlaku bagi laki-laki maupun perempuan, anak-anak maupun orang dewasa dan tidak ada alas an untuk malas mencari ilmu. Ilmu yang wajib diketahui oleh setiap muslim adalah ilmu-ilmu yang berkaitan dengan tata cara peribadatan kepada Allah swt.Sedangkan ibadah tanpa ilmu akan mengakibatkan kesalahan- kesalahan dan ibadah yang salah tidak akan dapat diterima oleh Allah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses dan semangat selalu Bu...terima kasih untuk terus mengingatkan

14 Jul
Balas

Terimakasih banyak buk..sumangat literasi

14 Jul



search

New Post